Ukuran Lingkar Perut Bisa Menentukan Risiko Penyakit Serius,

Ukuran Lingkar Perut : Lingkar perut yang besar bukan masalah estetika, namun akumulasi lemak di daerah ini menentukan apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak.

Pada pentingnya, ini merupakan cerminan dari risiko kardiovaskular dan kemungkinan kerusakan sirkulasi darah.

Termasuk risiko penyakit serius lainnya seperti diabetes dan perlemakan organ tubuh. Ada beberapa organ penting yang terletak di area lingkar perut yaitu hati, lambung, limpa, dan kantong empedu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan bahwa pengukuran tidak boleh melebihi 85 cm pada wanita dan 100 cm pada pria.

Peringatan risiko kardiovaskular bunyi saat lingkar perut melebihi ukuran yang dianggap sehat. Hal ini karena menunjukkan peningkatan masalah peredaran darah.

Obesitas berbahaya bagi tubuh, tetapi lemak yang lebih banyak menumpuk di perut meningkatkan risiko berbagai penyakit muncul.

Ini karena jaringan lemak intra-abdomen mengandung sel yang disebut adiposit, yang menghasilkan jumlah hormon dengan metabolisme yang tinggi.

Adiposit semacam itu melepaskan asam lemak bebas, yang dimetabolisme oleh hati dan digunakan untuk energi alih-alih glukosa.

Akibatnya, gula apa pun yang tidak digunakan oleh hati tetap berada di dalam tubuh dan meningkat. Proses ini meningkatkan lipid darah dan kadar glukosa darah menjadi sangat tinggi.

Hal ini karena dapat menyebabkan sindrom metabolik yang ditandai dengan peningkatan kolesterol jahat dan trigliserida. Ini selain penurunan kolesterol baik, peningkatan tekanan darah, dan hiperglikemia.

Untuk mengukur lingkar perut dengan benar (selain pengukuran indeks massa tubuh/BMI yang menunjukkan kelebihan berat badan, ada aturan yang harus diikuti.

Kita harus berdiri tegak, dengan tangan di sisi tubuh untuk mengukur lingkar perut dengan benar. Kemudian kendurkan ikat pinggang.

Lebih baik lagi jika semua pakaian yang menutupi tubuh untuk mengukur di sekitar kulit setinggi pusar.

Tempatkan pita pengukur di bawah tulang rusuk dan di atas bagian atas tulang pinggul. Rilekskan perut. Kemudian buang napas sebelum memasang pita pengukur. Catat angkanya segera agar tidak kehilangan informasi.

Kita harus menerapkan gaya hidup sehat untuk menghindari peningkatan lingkar perut. Profesional merekomendasikan latihan aerobik yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan.

Ini karena yang pertama menghasilkan pengeluaran kalori yang kedua untuk otot dan memperbaiki postur tubuh Anda.

Makanan yang sehat, bebas dari lemak jenuh dan gula sederhana, membantu mengontrol berat badan.

Selain itu, jenis diet ini baik untuk jantung. Selain itu, hidrasi merupakan faktor penting karena membantu mencegah retensi cairan. Juga, istirahat yang tepat mengurangi stres dan meningkatkan fungsi hormonal.

Baca Juga: Cacar Monyet Bukan Penyakit Menular Seksual Tetapi Bisa Berdampak Pada Kesehatan Seksual, Studi

Ukuran Lingkar Perut Hal ini karena dapat menyebabkan sindrom metabolik yang ditandai dengan peningkatan kolesterol jahat dan trigliserida. Ini selain penurunan kolesterol baik, peningkatan tekanan darah, dan hiperglikemia.

Untuk mengukur lingkar perut dengan benar (selain pengukuran indeks massa tubuh/BMI yang menunjukkan kelebihan berat badan, ada aturan yang harus diikuti.

Kita harus berdiri tegak, dengan tangan di sisi tubuh untuk mengukur lingkar perut dengan benar. Kemudian kendurkan ikat pinggang.

Lebih baik lagi jika semua pakaian yang menutupi tubuh untuk mengukur di sekitar kulit setinggi pusar.

Tempatkan pita pengukur di bawah tulang rusuk dan di atas bagian atas tulang pinggul. Rilekskan perut. Kemudian buang napas sebelum memasang pita pengukur. Catat angkanya segera agar tidak kehilangan informasi.

Kita harus menerapkan gaya hidup sehat untuk menghindari peningkatan lingkar perut. Profesional merekomendasikan latihan aerobik yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan.

Ini karena yang pertama menghasilkan pengeluaran kalori yang kedua untuk otot dan memperbaiki postur tubuh Anda.

Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)
Iklan oleh
Makanan yang sehat, bebas dari lemak jenuh dan gula sederhana, membantu mengontrol berat badan.

Selain itu, jenis diet ini baik untuk jantung. Selain itu, hidrasi merupakan faktor penting karena membantu mencegah retensi cairan. Juga, istirahat yang tepat mengurangi stres dan meningkatkan fungsi hormonal.

Baca Juga: Kopi dan Kolesterol, Espresso Buruk Untuk Pria, Wanita Berkat Kopi Tubruk

Baca Juga: 4 Tanda Peringatan Ambeien Sudah Mendesak Perlu Perawatan Medis

Baca Juga: Hubungan Seks Setelah Operasi Jantung Tidak Disarankan dengan Pasangan Muda, Ini

Akhirnya, postur tubuh itu penting jadi percobaan untuk suatu saat tidak duduk selama beberapa jam pada waktu.

Hal ini karena posisi duduk tulang belakang yang melengkung melemaskan otot-otot perut dan meningkatkan akumulasi lemak di area ini.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan kesehatan minimal setahun sekali agar dokter dapat menyatukan lingkar perut dan memastikan apakah turun atau tidak