Apakah ‘mandi internal’ chia-lemon TikTok benar-benar mengalahkan

Kredit: Shutterstock

Pernah dengar tentang minuman “mandi internal” jus biji chia-lemon? Ini menjadi viral di TikTok dan dipuji sebagai penambah pencernaan, sembelit dan penghilang kembung (terutama setelah bepergian), minuman detoksifikasi, dan obat mabuk.

Pendukung merekomendasikan Anda mencampur dua sendok makan biji chia dalam secangkir air, tambahkan jus lemon, tunggu sampai biji mulai menyerap air dan membentuk gel, meminumnya saat perut kosong, dan tunggu.

Biji chia adalah biji yang dapat dimakan dari tanaman berbunga dari keluarga mint dan sage. Biji kecil ini (1.000 biji beratnya sekitar 1,3 gram), mengemas nutrisi dan kaya serat makanan, lemak tak jenuh ganda dan protein. Mereka juga mengandung vitamin B (thiamin, riboflavin, niacin dan asam folat) dan mineral (kalsium, potasium, magnesium dan fosfor).

Sebelum Anda terburu-buru untuk mendapatkan biji chia, berhati-hatilah. Pusat Racun Ibu Kota Nasional di Amerika Serikat mendesak agar berhati-hati, menyusul kasus seseorang yang membutuhkan pembedahan setelah biji chia yang berbentuk gel tersangkut dan menyumbat kerongkongannya.

Mari kita hancurkan klaim ‘mandi internal’

(1) Pencernaan booster

Biji chia tidak dapat “meningkatkan” pencernaan. Bagi kebanyakan orang, proses pencernaan berjalan secara otomatis, seperti halnya pernapasan dan aliran darah. Jadi Anda tidak dapat mempercepat proses enzimatik yang membantu pemecahan, pencernaan, dan penyerapan makanan.

Klaim ini kemungkinan akan bercampur dengan sembelit, yang memengaruhi waktu yang dibutuhkan makanan yang tidak tercerna untuk melewati usus Anda dan ke usus besar Anda di mana ia akan diproses dan diubah menjadi kotoran.

Ada kondisi medis, seperti cystic fibrosis, di mana enzim pencernaan tidak dapat bercampur dengan makanan secara memadai dan enzim obat harus diminum secara oral. Tapi ini sangat jarang.

(2) Penghilang sembelit

Klaim ini mungkin benar, karena kandungan serat biji chia yang sangat tinggi.

Kandungan serat makanan biji chia bervariasi dari 23% hingga 41%, tergantung pada varietasnya. Dari jumlah itu, 85% adalah serat tidak larut yang menambah jumlah kotoran dan membantu meningkatkan waktu transit gerakan usus melalui usus Anda. 15% lainnya adalah serat larut, artinya larut dalam air dan tetap utuh sampai sampai ke usus besar. Di sana, itu difermentasi oleh mikroba usus. Ini menghasilkan air yang membantu menjaga gerakan usus Anda tetap lembut.

Dua sendok makan biji chia memiliki berat sekitar 20-25 gram, menyediakan 9-10 gram serat, jauh lebih banyak dibandingkan dengan target asupan harian orang dewasa 25-30 gram per hari.

Tapi biji chia bukan satu-satunya makanan kaya serat.

Jadi apa saja tanda-tanda Anda perlu melihat lebih dekat pada diet Anda?

Jika, selama beberapa bulan terakhir, Anda mengalami gejala termasuk tinja yang kental atau keras, pengosongan usus yang tidak lengkap, mengejan untuk buang air besar atau buang air besar kurang dari tiga kali per minggu, Anda mungkin mengalami konstipasi.

Untuk mengatasinya, minumlah air putih yang cukup agar air seni Anda berwarna seperti jerami.

Selanjutnya, tingkatkan asupan makanan tinggi serat seperti psyllium, roti gandum dan gandum utuh dan kacang-kacangan (buncis, lentil, campuran empat kacang, kacang merah, kacang panggang), serta makanan seperti plum, buah kiwi, daun bawang , bawang merah, bit, kubis Brussel, persik, semangka dan melon, dan tentu saja biji chia. Makanan berserat tinggi ini semuanya terbukti dapat mengatasi sembelit.

Jika kebiasaan buang air besar Anda tidak membaik, atau telah berubah, temui dokter umum Anda.

(3) Mengalahkan kembung

Kembung adalah perasaan perut Anda di bawah tekanan karena retensi gas.

Penelitian terbaru menunjukkan baik orang dengan usus yang sehat dan orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) memiliki tanggapan yang sama setelah konsumsi makanan uji, dalam hal produksi gas dan retensi isi di perut.

Namun, para peneliti menemukan orang dengan IBS melaporkan lebih banyak gejala yang berkaitan dengan produksi gas, yang berarti usus mereka lebih hipersensitif.

Ini menunjukkan orang dengan IBS mungkin menemukan produksi gas karena “mandi internal” chia tidak nyaman atau bahkan menyakitkan.

(4) obat mabuk

Tidak ada bukti bahwa chia atau jus lemon, vitamin atau obat lain dapat menyembuhkan mabuk.

Biji chia mengandung thiamin dan alkohol mengurangi penyerapan thiamin dari usus. Namun, mabuk terjadi setelah Anda minum terlalu banyak alkohol sehingga thiamin dari biji chia datang terlambat untuk digunakan selama pencernaan alkohol.

“Obat” terbaik untuk mabuk adalah pencegahan.

Sebuah kata terakhir

Biji chia mengandung serat yang tinggi. Anda dapat menggunakannya dalam resep yang rasanya lebih enak daripada minuman “mandi internal”, seperti puding pisang chia atau smoothie berry chia dan yang tidak menimbulkan risiko tersedak.

Minum saja air Anda secara terpisah. Tidak ada manfaat khusus dalam menggabungkan keduanya.


Teknologi mendukung penggunaan biji chia untuk membantu meningkatkan kesehatan, memperlambat tanda-tanda penuaan


Disediakan oleh The Conversation

Artikel ini diterbitkan ulang dari The Conversation di bawah lisensi Creative Commons. Baca artikel aslinya.Percakapan

Kutipan: Apakah ‘mandi internal’ chia-lemon TikTok benar-benar mengatasi sembelit? Inilah yang dikatakan sains (2022, 26 Agustus) diambil 28 Agustus 2022 dari https://medicalxpress.com/news/2022-08-tiktok-chia-lemon-internal-shower-constipation.html

Dokumen ini tunduk pada hak cipta. Terlepas dari transaksi wajar apa pun untuk tujuan studi atau penelitian pribadi, tidak ada bagian yang boleh direproduksi tanpa izin tertulis. Konten disediakan untuk tujuan informasi saja.